Klinik Terapi Okupasi di Jakarta Timur

Klinik Terapi Okupasi di Jakarta Timur hubungi AMG Clinic 02144403939

Okupasi terapi umunya dilakukan untuk anak berkebutuhan khusus, namun okupasi terapi juga bisa dilakukan pada anak – anak normal. Banyak juga anak normal yang mengalami gangguan dalam proses belajar, kurang konsentrasi ketika sedang mendengarkan atau dijelaskan tentang suatu hal, dan juga gangguan prilaku yang kadang sering orang tua keluhkan. Ada yang beranggapan jika hal tersebut terjadi pada anak – anak normal maka tidak perlu di khawatirkan, namun ada juga yang mengatakan jika itu terjadi maka anak tersebut mengalami gangguan – gangguan dan termasuk anak berkebutuhan khusus, padahal anak tersebut normal sehingga membuat orang tua cemas. Hal ini harus diperiksa dan didiagnosis dengan benar oleh para terapis di klinik terapi okupasi di Jakarta Timur, karena gejala yang timbul mirip seperti dengan gejala anak – anak berkebutuhan khusus. Untuk lebih jelasnya akan diberikan sedikit contoh tentang gejala – gejalanya, seperti :

-        Kurangnya rasa percaya diri

-        Kurangnya konsentrasi

-        Mengalami gangguan motorik seperti menulis, mengancingkan baju menggunting, dll

Disinilah fungsi adanya fungsi okupasi terapi karena okupasi terapi berfungsi untuk membantu anak menghadapi tantangan dan mengembangkan minat dan kemampuan anak, misalnya :

-        Menulis

Menulis adalah hal yang wajib bisa dilakukan bagi semua anak, terutama bagi anak di usia sekolah, dan ini dibutuhkan perjuangan, kemauan dan kemampuan bagi beberapa anak.  menulis beberapa kata atau kalimat merupakan suatu proses yang rumit bagi sebagian anak karena mengharuskan adanya koordinasi antara, mata, tangan, posisi badan dan cara memegang pensil. Terapis dapat membantu anak agar dapat menulis dengan baik seperti melatih memegang pensil yang benar.

-        Keterampilan Motorik Halus

Keterampilan motorik halus mencakup dari segi koordinasi yang tepat, control pada gerak tangan dengan tepat. Karena bagi anak koordinasi pada motorik halus sangat berguna untuk melakukan kegiatan sehari – hari seperti mengikat tali sepatu, menulis, membuka dan menutup tas.

-        Keterampilan Motorik Kasar

Motorik kasar mencakup untuk melakukan hal – hal yang cenderung lebih berat, sperti berlari, memanjat dan melompat. Perkembangan otot – otot yang berguna untuk melakukan aktifitas tesebut sangat penting. Terapis membantu melatih anak dengan pelatihan yang didasari oleh kebutuhan individu anak seperti masalah keseimbangan, tonus otot dan kekuatan otot secara menyeluruh.

Posted in Layanan